Loading...

SKK Migas Antisipasi Penundaan Proyek Migas

Migas Indonesia, Antara Kesenjangan dan Investasi • Petrominer

JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) masih optimistis dan berupaya agar 12 proyek migas yang dijadwalkan mulai berproduksi pada tahun ini bisa selesai sesuai dengan target atau minimal tidak tertunda penyelesaiannya. Dwi Soetjipto Kepala SKK Migas, mengatakan pandemi virus corona atau Covid-19 yang diikuti dengan himbauan agar masyarakat tetap berada di rumah berdampak pada kegiatan operasional perusahaan minyak dan gas. Salah satunya, membuat jadwal operasi proyek migas bergeser. SKK Migas sudah menerima laporan progress proyek-proyek tersebut dan memperkirakan akan ada proyek yang berpotensi tertunda sebagai imbas  kondisi saat ini.

(lebih…)

Harga Minyak Anjlok, Pertamina Pertahankan Investasi Hulu US$3,7 Miliar?

Harga Minyak Anjlok, Pertamina Pertahankan Investasi Hulu US$3,7 Miliar?

JAKARTA – Manajemen PT Pertamina (Persero) belum berencana merevisi anggaran investasi di sektor hulu pada tahun ini, meskipun terjadi gejolak harga minyak dunia hingga anjlok di bawah US$30 per barel . Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan manajemen terus memonitor pergerakan harga minyak dunia dan telah menjalankan beberapa hal untuk meresponnya, termasuk kajian dan simulasi dampaknya. (lebih…)

Pertamina Lanjutkan Proyek YY Blok ONWJ Tahun Depan

PHE, Blok ONWJ

Pertamina Hulu Energi atau PHE memutuskan untuk melanjutkan proyek YY yang berada di Blok Offshore North West Java atau ONWJ. Pengembangan proyek tersebut sempat terhenti tahun lalu karena ada kebocoran sumur minyak yang menyebabkan Laut Jawa tercemar.  Direktur Utama PHE Meidawati mengatakan perusahaan akan melanjutkan pengembangan proyek YY pada tahun depan. Namun, dia belum bisa merinci secara detail rencana perusahaan di proyek itu.
(lebih…)

Harga Minyak Anjlok hingga Sentuh US$20 Per Barel, SKK Migas Minta KKKS Fokus Jalankan Efisiensi

Hasil gambar untuk migas

JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) meminta Kontraktor Kontrak Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk meningkatkan berbagai upaya efisiensi dan segera mengatur strategi khusus untuk merespon kondisi perekonomian dunia, terutama dengan anjloknya harga minyak dunia.

Julius Wiratno, Deputi Operasi SKK Migas, mengatakan saat ini setiap perusahaan harus melakukan evaluasi dan screening terhadap berbagai program serta meningkatkan efisiensi dalam kegiatan operasinya. Salah satu yang segera bisa dilakukan adalah dengan melakukan upaya renegosiasi kontrak-kontrak kerja dengan para mitra usahanya. (lebih…)

Penurunan Harga Gas untuk Industri Picu Pelemahan Kinerja Sektor Hulu dan Midstream

Hasil gambar untuk migas

JAKARTA- Kebijakan pemerintah menurunkan harga gas untuk industri menjadi US$ 6 per MMbtu per tanggal 1 April 2020 akan berdampak kepada semua sektor, baik hulu maupun midstream. Mamit Setiawan, Direktur Eksekutif Energi Watch, mengatakan keputusan ini akan berdampak kepada semua sektor, terutama hulu dan midstream.

“Untuk sektor Hulu,sebagaimana yang diutarakan oleh Menteri ESDM tidak ada pemotongan dari K3S tapi pemotongan dari penerimaan negara. Salah satu penerimaan negara yang terbesar adalah PNBP Migas yang pada 2019 sebesar Rp 115,1 triliun,” ujar Mamit dalam keterangan tertulis yang diterima Dunia-Energi, Kamis (19/3). (lebih…)

PHE ONWJ Telah Selesaikan Pembayaran Kompensasi Awal

Hasil gambar untuk kompensasi kebocoran minyak

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah melakukan penyelesaian pembayaran kompensasi awal warga terdampak di Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bekasi.

VP Relations PHE, Ifki Sukarya mengatakan, pembayaran kompensasi awal ini dilakukan kepada warga terdampak Kelompok B yang datanya sudah diperbaiki oleh tim Kelompok Kerja (POKJA) Karawang dan Bekasi, yaitu warga terdampak yang sudah masuk SK Bupati namun data identitasnya memerlukan perbaikan sesuai permintaan pihak bank agar dapat dibuatkan buku tabungan dan kartu ATM. (lebih…)