Loading...

Pemerintah akan Tawarkan Dua Skema Kontrak dalam Lelang 12 Blok Migas

Hasil gambar untuk migas
JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali melelang blok minyak dan gas pada tahun ini. Setidaknya ada 12 blok migas yang akan ditawarkan.

Mustafid Gunawan, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM, mengatakan dari 12 blok migas yang disiapkan, ada 10 blok migas merupakan blok konvensional. Dua blok lainnya merupakan blok nonkonvensional. Pada tahun ini ada dua skema kontrak yang akan ditawarkan kepada kontraktor, yaitu cost recovery dan gross split. (lebih…)

Ini Penemuan Eksplorasi Tahun 2019

 

Jakarta, Petrominer – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengklaim potensi minyak dan gas bumi di Indonesia masih menjanjikan. Buktinya, sepanjang tahun 2019 lalu, ada penemuan cadangan migas baru sebesar 1.165 juta barel setara minyak (MMBOE)

“Dari kegiatan eksplorasi selama tahun 2019, didapatkan total penemuan migas sebesar 1.165 MMBOE. Degan rincian minyak 384 MMBO dan gas 4,54 TCF,” ujar Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, dalam paparan Capaian Hulu Migas Tahun 2019 dan Rencana tahun 2020. (lebih…)

Lelang Perdana 2020 Blok Migas, ESDM Hidupkan Lagi Skema Cost Recovery

kementerian esdm, lelang wilayah kerja migas, skema kontrak migas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melelang wilayah kerja (WK) migas tahap I tahun 2020 pada kuartal I. Dalam lelang tersebut, Pemerintah mulai menawarkan dua opsi skema kontrak migas, yakni gross split atau cost recovery. “Sudah bisa dua skema kontrak migas (gross split atau cost recovery), Tapi kami lagi benahin dulu cost recovery. Kami benarkan yang kurang-kurang pas,” ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/1). (lebih…)

Lifting Migas Grup Pertamina Tidak Capai Target 2019, Hulu Mahakam Paling Parah

Hasil gambar untuk hulu mahakam

JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) merilis daftar realisasi kinerja 15 besar Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) kontributor terbesar migas nasional. PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya yang menjadi operator di beberapa blok mendominasi daftar KKKS penyumbang lifting migas nasional. Sayangnya sebagian besar anak usaha Pertamina justru meleset dari target. (lebih…)

OPEC Pangkas Produksi, Harga Minyak Indonesia Capai US$ 63,26/Barel

harga minyak, opec

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) pada Desember 2019 mencapai US$ 67,18 per barel, naik US$ 3,92 dari US$ 63,26 per barel pada November 2019. Salah satu faktor pendorongnya yaitu kesepakatan negara-negara OPEC untuk memperpanjang dan menambah pemotongan produksi minyak sebesar 500.000 barel per hari menjadi 1,7 juta barel per hari mulai tahun ini.  (lebih…)

Tidak Ada Kendala Rig, PHE Kejar Pengeboran Delapan Sumur Eksplorasi pada 2020

Tidak Ada Kendala Rig, PHE Kejar Pengeboran Delapan Sumur Eksplorasi pada 2020

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Energi (PHE), anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hulu memproyeksikan pengeboran sumur eksplorasi tahun ini lebih banyak dibanding 2019. Sedikitnya ada delapan sumur eksplorasi yang akan di bor di beberapa blok migas.

Taufik Adityawarman, Direktur Operasi dan Produksi PHE, mengungkapkan tahun ini PHE menargetkan bisa mengebor paling tidak delapan sumur eksplorasi. Target ini tentu lebih banyak dari realisasi tahun lalu yang hanya dua pengeboran sumur eksplorasi. (lebih…)