Bidang Lingkungan

Penyaluran bantuan obat-obatan, suplemen, dan bahan pokok kepada masyarakat di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu bersama MT Durrotun Nasihin

Lingkungan hidup adalah kesatuan antara seluruh makhluk hidup dan non-hidup, meliputi berbagai unsur lingkungan serta manfaatnya, termasuk interaksi seluruh spesies dan sumber daya alam.

Kami – MUJ ONWJ menyadari bahwa Lingkungan dengan kualitas baik akan sangat penting bagi terciptanya kehidupan manusia yang sehat, aman dan sejahtera. Untuk itulah kami berkomitmen untuk ikut memperbaiki dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup dalam menjaga keseimbangan alam. Pada Tahun 2020 CSR bidang lingkungan yang dilakukan adalah :

1. Program Penanaman Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Mayangan, Kab. Subang

Penanaman Pohon Mangrove (pohon Bakau) dilakukan bekerjasama dengan Program Wali Pohon Yayasan Wanadri. Kegiatan penanaman mangrove ini dilakukan dengan tujuan untuk merestorasi kawasan pesisir pantai Desa Mayangan yang rusak akibat abrasi. Selain itu, penanaman pohon Mangrove yang menggandeng Yayasan Wanadri ini juga adalah untuk mengurangi resiko bencana akibat abrasi di pesisir pantai dan berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem dan upaya pelestarian hutan mangrove, melindungi habitat alami biota laut juga untuk menjaga ekosistem pantai. Dalam kegiatan ini 1000 bibit pohon mangrove di tanam di pesisir pantai Mayangan Kab. Subang dan akan dipelihara sampai tumbuh menjadi besar nantinya.

Penanaman pohon mangrove di Pantai Mayangan, Legon Kulon, Kabupaten Subang

2. Program Penanaman Pohon di Kabupaten Bekasi

Kegiatan penanaman pohon juga dilakukan dibeberapa tempat di Kabupaten Bekasi, yaitu di areal sekolah dan pondok pasantren, dalam rangka penanggulangan banjir yang sering terjadi.


Selain melakukan penanaman pohon, dalam CSR ini juga MUJ ONWJ menyelenggarakan dapur umum bersama Karang Taruna Babelan di Pondok Pesantren At Taqwa. Dapur umum adalah untuk meringankan penderitaan masyarakat yang terkena musibah banjir karena luapan air laut ke daratan dan menyebabkan banyaknya genangan genangan banjir di pesisir pantai Babelan

Penanaman pohon dan bantuan dapur umum kepada korban banjir di Kecamatan Babelan

3. Program Pembangunan Sarana Air Bersih

Air adalah salah satu penunjang utama kehidupan bagi manusia dan ketersediaan air bersih memegang peranan paling penting terutama untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Berkaitan dengan penyediaan air bersih MUJ ONWJ pada tahun 2020 ini membangun sarana air bersih masing masing di :

  1. Desa Karang Indah, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi dan
  2. Desa Sumber Sari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang.

Pembangunan Sarana air bersih di Kabupaten Bekasi dilakukan bekerjasama dengan Yayasan Insan Siliwangi, sedangkan pembangunan sarana air bersih di Kabupaten Subang dilakukan bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Subang. Dengan adanya sarana air bersih yang sudah dibangun, masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan dalam memperoleh air bersih untuk keperluan sehari-hari baik di musim kemarau maupun di musim penghujan.

Peresmian sarana air bersih untuk air minum di Desa Sumber Sari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana kami berkontribusi dalam meeningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat